Cara Hapus File Thumbnails di Android Secara Permanen

MASGADGET.ID - File thumbnails merupakan file cache dari media di smartphone kita, biasanya file ini berisi potongan kecil dari foto,gambar dan video yang muncul pada galeri kita. Fungsi dari file ini adalah untuk menampilkan ukuran yang lebih kecil dari gambar asli yang tersimpan di memori smartphone kita dan menampilkannya pada aplikasi galeri.

Cara Hapus File Thumbnails di Android Secara Permanen

BACA JUGA
- Cara Menampilkan Foto dan Video Tersembunyi di Android
- Cara Ampuh Mengubah Jaringan 3G Menjadi 4G Only di Smartphone Xiaomi

Meskipun file ini tidak terlalu menganggu, tapi ketika kita menyimpan file foto,gambar ataupun video yang banyak tentunya file ini akan ikut membengkak. Seperti yang saya alami pada Asus Zenfone C, file ini memakan hampir sekitar 1GB dari penyimpanan smartphone saya. Maka dari itu file ini harus kita hapus agar penyimpanan kita menjadi longgar kembali. Cara menghapus file ini pun tidak seperti menghapus file lainnya, ketika kalian hapus file ini, maka secara otomatis file ini akan muncul kembali dan memakan penyimpanan smartphone kalian lagi. Nah kali ini MAS akan membagikan bagaimana cara menghapus file ini secara permanen.

Cara Hapus File Thumbnails di Android Secara Permanen

1. Langkah pertama silahkan kalian download aplikasi root explorer, bisa kalian cek di playstore ataupun di google.

2. Silahkan kalian buka aplikasi root explorer tersebut dan masuk ke direktori internal kalian.

3 Jika sudah silahkan kalian menuju ke folder DCIM, nah disitu akan muncul beberapa file dan folder termasuk file .Thumbnails.

4. Sekarang kalian hapus file thumbnails tersebut dan jika sudah kalian klik tanda "+" pada bagian bawah root explorer maka akan muncul antarmuka baru, disitu kalian silahkan pilih FILE.

Cara Hapus File Thumbnails di Android Secara Permanen

5. Nah jika sudah silahkan kalian ketik ".Thumbnails" (tanpa petik dan juga ingat harus diberi titik di depannya). Lalu klik OK

6. Secara otomatis akan terdapat file thumbnails baru di folder DCIM tadi. Tenang saja, sistem android kalian tidak akan bisa membaca file tersebut, sehingga file tersebut tidak akan bisa di isi oleh cache android kalian.

Nah cukup mudah bukan ? Silahkan kalian praktekan sendiri. Cara ini juga berfungsi di berbagai merek smartphone seperti Zenfone, Samsung, Huawei, OPPO, Sony dan lainnya.

BACA JUGA
- Cara Root Asus Zenfone C Z007 (ZC451CG)
- Cara Half Root Hingga Full Root Sony Xperia M

Itu saja yang bisa saya ulaskan tentang bagaimana Cara Hapus File Thumbnails di Android Secara Permanen.Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di komentar,saya dengan senang hati akan membalas komentar kalian.

3 komentar

avatar

nah, ini yg gue cari.. memory hp ful terus gara2 thumb

avatar

sama aja dengan yang lain,, sama ajah nda ada perubahan.
file dan folder emang kehapus dan bisa diganti dengan yang baru 0kb
tapi memory tetap penuh, hanya beberapa mb yg berkurang,
perhatikan setelah beberapa saat ata besok/ maka file .thumbnils akan kembali bengkak :D

avatar

Belum menyelesaikan masalah, persis sama dng komen di atas.
Harus dicari aplikasi penyebabnya nih, mungkin dng uninstal atw di non aktifkan, file thumb tidak muncul lg, ada yg tahu aplikasi penyebabnya apa?

Kata-kata kita adalah cermin kepribadian kita.
Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Click to comment