Manfaat dan Fungsi factory reset pada Smartphone

MasGadget.id – Manfaat dan Fungsi factory reset pada Smartphone | Anda sebagai pengguna smartphone pastinya pernah mendengar bahkan mencoba fitur Factory reset atau Hard Reset bukan? Nah kali ini MasGadget akan membeberkan mengenai fungsi dan tujuan defeloper Android dilengkapi dengan fitur hard reset atau factory reset.
Factory reset adalah fitur untuk melakukan reset atau pengembalian smartphone ke pengaturan Awal Pabrik, dengan kata lain seluruh data yang ada di dalam smartphone yang akan dilakukan factory reset otomatis akan di hapus( Termasuk Aplikasi ke 3 ). Biasanya cara ini dilakukan untuk mengatasi masalah pada android seperti hang atau kelebihan internal smartphone, sehingga setelah dilakukan factory reset akan terasa seperti baru, dan lebih ringan dalam operasional sistemnya.

Ilustrasi MasGatged

Fungsi dan manfaat Factory Reset Pada Smartphone
Manfaat yang dapat anda dapatkan dari melakukan Factory reset atau Hard reset bisa di bilang sangat banyak, selain untuk mengembalikan ke settingan pabrik, dan juga untuk mengatasi masalah pada system, aplikasi, dan lainnya. Nah untuk lebih jelas mengenai manfaat factory reset pada device smartphone kita, silahkan simak ulasan saya mengenai manfaat Factory Reset pada Smartphone anda.

Membersihkan file sampah dan chance Android yang sudah menumpuk
Factory reset atau hard reset merupakan cara instan untuk membuat android yang lemot menjadi seperti baru lagi, alasannya yakni factory reset membuat smartphone kita untuk menggunakan mode setelan pabrik yang sudah di rekomendasikan, serta menghilangkan file sampah yang menumpuk pada device anda seperti History, Bookmark, ruang penyimpanan internal, dan lainnya.

Baca Juga:

Menghapus data pribadi dan Privat anda
Nah bagi anda yang memiliki banyak akun pribadi di dalam smartphone entah social chating, mau pun urusan bisnis, pastinya akan mempunyai niatan upgrade menggunakan smartphone yang lebih tinggi bukan? Lalu bagaimana dengan akun anda yang terdapat pada smartphone lawas? Anda akan melakukan log out satu persatu? Pastinya akan merasa males hehehe, caranya cukup menggunakan hard reset ataupun factory reset maka otomatis akun pribadi seperti email, WhatsApp, Facebook, LINE, Instagram , Twitter, Game, dan lainnya pastinya akan terhapus, termasuk privasi yang seharusnya orang lain tidak ketahui, semuanya tuntas di bersihkan tanpa harus menggunakan cara manual menghapus satu per satu.

Menghapus Malware dan Virus
Apakah smartphone anda mengalami masalah lemot, macet, lagh, error, dan tidak dapat membuka aplikasi, dan lain sebagainya. Nah ada kemungkinan besar masalah masalah diatas di sebabkan oleh maleware yang membuat system android anda mengalami kerusakan devixe anda. Hal ini dapat anda antisipasi dengan tidak mengunduh file-file yang tidak disarankan dari situs yang belum diketahui, namun jika smartphone anda sudah mengalami masalah di atas anda dapat melakukan pembersihan dengan cara melakukan factory reset untuk menghapus seluruh data yang sudah terinfeksi oleh maleware.

Mengatasi Smartphone yang suka Restart sendiri
Apabila smartphone anda mengalami masalah seperti restart sendiri dan kadang bootloap biasanya kerusakan nya terdapat pada Sistem Android anda sendiri. Solusi yang termudah yakni melakukan factory reset atau mengembalikan smartphone anda ke pengaturan pabrik, Untuk itu anda terlebih dahulu masuk melalui recovery mode dan melakukan hard reset manual.

Melakukan Penjualan Smartphone Android
Saat anda ingin menjual smartphone android anda, tentunya smartphone anda harus di kembalikan ke pengaturan awal seperti pengaturan pabrik bukan. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan pembeli bahwa smartphone anda serasa ringan dalam hal operasional system yang memberatkan.

Ruang Internal yang kembali Kosong
Melakukan multitasking memang memerlukan tambahan storage yang lebih lega, oleh karena itu melakukan factory reset adalah salah satu cara membuat memory internal anda menjadi lebih lega atau kosong sehingga dapat mempercepat kerja multitasking anda dalam pengoperasian Smartphone.

Dan lainnya
Melakukan factory reset secara berkala ( 1 tahun sekali ) dapat mengembalikan peforma smartphone anda seperti baru, karena akan membuat system android lebih terawatt dari file sampah yang menumpuk.

Nah untuk garis besarnya melakukan factory reset dapat meningkatkan peforma device kita, dan menjauhkan smartphone kita dari kesalahan system dan kinerja yang berat karena file smapah yang menumpuk, manun saya sarankan terlebih dahulu untuk membackup file aplikasi dan data anda terlebih dahulu. Sekian informasi dari MasGadget jangan lupa untuk share and koment ya gan.



9 komentar

avatar

hp androidku lemot neh,kalau pakai factory reset kira2 jadi ringan lagi tidak mas?

avatar

Kemungkinan besar akan menjadi lebih ringan mas.

avatar

saya sering sekali menggunakan teknik ini gan, dari pada pasang aplikasi boost atau cleaner, dan sering juga gonta ganti custom rom hehe

avatar

makasih gan infonya nambah wawasan

avatar

artikel nya keren mas sangat bermanfaat nice

Kata-kata kita adalah cermin kepribadian kita.
Kualitas dari hidup anda adalah kualitas dari komunikasi anda.

Click to comment